Rabu, 04 Desember 2013

Apa Itu Tanaman Obat Keluarga (TOGA)

Pernahkah anda mendengar sebuah kata yaitu TOGA ? Di dalam dunia pendidikan istilah toga ini sudah tidak asing lagi ditelinga. Toga adalah merupakan seperangkat baju/jubah yang dipakai oleh wisudawan maupun wisudawati saat mereka dilantik saat acara wisuda yang menyatakan mereka telah lulus sebagai seorang sarjana. Tentunya anda yang pernah lulus menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi pasti pernah menggunakan TOGA saat acara wisuda anda bukan ? Baju toga yang dikenakan saat wisuda warnanya hitam khan ? 

Namun yang saya maksud TOGA disini adalah toga yang merupakan singkatan dari tanaman obat keluarga. Tanaman obat keluarga merupakan beberapa jenis tanaman obat pilihan yang ditanam di pekarangan rumah atau lingkungan sekitar rumah. Tanaman obat yang dipilih, biasanya tanaman obat yang bisa dipakai untuk pertolongan pertama atau obat-obat penyakit ringan seperti demam dan batuk. Tanaman obat yang sering ditanam di pekarangan rumah tersebut, antara lain sirih, kunyit, temulawak, kembang sepatu, sambiloto dan lain-lain. 

Tanaman obat keluarga selain dipakai sebagai obat juga memiliki beberapa manfaat lain, yaitu : 
1. Dapat dimanfaatkan sebagai penambah gizi keluarga, misalnya papaya, mentimum, bayam dan sebagainya. 
2. Dapat dimanfaatkan sebagai bumbu atau rempah-rempah masakan, misalnya kunyit, kencur, jahe, serai, daun salam dan sebagainya. 
3. Dapat menambah keindahan (estetika), karena ditanam di pekarangan rumah, misalnya mawar, melati, bunga matahari, kembang sepatu, tapak dara, kumis kucing dan sebagainya. 

Tanaman obat-obatan bisa ditanam dalam pot-pot atau lahan sekitar rumah. Apabila lahan yang dapat ditanami cukup luas, maka sebagian hasil panennya bisa dijual sehingga bisa menambah lagi penghasilan keluarga. 

Semoga dengan tulisan diatas mengenai istilah kata toga yang merupakan singkatan dari tanaman obat keluarga bisa memberikan tambahan wawasan sebagai pengetahuan baru bagi para pembaca yang baru mengenal istilah tersebut, sehingga di lain waktu apabila ada orang yang berbicara yang topik pembicaraannya terkait dengan istilah tersebut, maka anda bisa tahu dan mengerti maksud dari pembicaraan tersebut … Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar